Tuesday, September 23, 2008

Kreativitas

Rahasia sukses yang tidak kalah pentingnya yaitu, kreativitas!

Apa itu KREATIVITAS?

Saya tidak ingin berteori tentang apa itu kreativitas, cukup lihat analogi di bawah :

 Sebatang besi itu harganya US$ 5.
 Jika Kamu menempa besi itu menjadi sepatu kuda, nilainya meningkat menjadi US$ 10,5.
 Jika besi itu dibuat jarum, nilainya meningkat menjadi US$ 3.285.
 Dan jika kamu membuat per (pegas) jam dari besi tersebut maka nilainya menjadi US$ 250.000 $.

Perbedaan antara US$ 5 dengan US$ 250.000 itulah yang
dimaksud dengan kreativitas

Abad ini adalah abad kreativitas. Untuk memenangkan persaingan dalam
segala macam usaha, kunci utamanya adalah kreativitas. John Kao dalam
bukunya “Jamming: Seni dan Disiplin Kreativitas Bisnis” menekankan
perlunya kreativitas dalam berwirausaha.

Jamming memberikan tempat dan wadah bagi wirausahawan untuk memikirkan sesuatu hal yang benar-benar baru. Dengan melakukan
jamming, wirausahawan dapat menciptakan ide-ide kreatif yang bermanfaat
dalam pengembangan usahanya. Ia dapat bermain dengan imajinasinya
bersama teman-teman seprofesi atau lain profesi untuk memikirkan dan
membicarakan ide-ide kreatif, dan kemudian melahirkan inovasi-inovasi
baru. Sebab, keterpakuan wirausahawan dalam melakukan kegiatannya
ternyata dapat menghancurkan usaha. Rutinitas dan batasan-batasan yang
memblokade kegiatan usaha tidak memberikan apa-apa selain kemunduran
usaha itu sendiri.

Manajemen kreativitas bukan berarti melepaskan segala hal yang sudah ada, namun membentuk suatu hal baru untuk dikembangkan kedalam kegiatan usaha yang sudah ada. Perusahaan sekelas Intel, selalu membuat
penghancuran produk-produk lama mereka. Lalu mereka mengganti dengan produk baru yang dilahirkan sebagai hasil dari pemikiran kreatif.
Perusahaan Unilever, yang memproduksi produk perlengkapan mandi, selalu muncul dengan hal-hal baru. Produk lama mereka selalu dihancurkan oleh produk baru yang lebih inovatif.

Mengapa terpaku dalam bentuk usaha yang terjerumus dalam sistem
kemapanan yang membelenggu kelahiran hal-hal kreatif?

Mengapa tidak mencoba memikirkan hal-hal menantang yang belum
terpikirkan sebelumnya?

Bukankah definisi seorang wirausahawan adalah seseorang yang senang
dengan berbagai macam tantangan dan memanfaatkan peluang untuk
berpikir kreatif dalam menjawab tantangan yang dihadapinya tersebut?

0 comments:

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com